Tok! Komisi III Setuju Idham Azis jadi Kapolri

  • Whatsapp
Komjenpol Idham Aziz

Komisi III DPR RI akhirnya secara aklamasi menyetujui Komjen Pol Idham Azis sebagai Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri). Idham merupakan calon tunggal Kapolri yang diajukan Presiden Joko Widodo.

Read More

Ketua Komisi III DPR Herman Hery mengatakan, semua fraksi di komisi yang mebidangi masalah hukum dan keamanan itu menyimpulkan tidak perlu membuat pandangan fraksi. Keputusan dilakukan melalui Kapoksi, yaitu aklamasi.

“Aklamasi untuk menyetujui Komjen Idham Azis sebagai Kapolri,” kata Herman Hery di ruang Komisi III, Senayan, Jakarta, Rabu (30/10/2019).

Selanjutnya, persetujuan Idham yang saat ini menjabat Kepala Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri sebagai Kapolri segera disampaikan kepada pimpinan DPR RI. Untuk paripurna hasil uji kepatutan dan kelayakan Idham sebagai calon Kapolri bakal digelar Kamis (31/10/2019).

Idham nantinya akan menggantikan posisi Kapolri yang ditinggalkan Jenderal Tito Karnavian. Tito sendiri saat ini menjabat sebagai Menteri Dalam Negeri. Pelaksana Tugas (Plt) Kapolri kini dijabat oleh Komjen Ari Dono.

Dalam pemaparannya di ruang Komisi III DPR, Idham menyebut memiliki 7 program prioritas yang akan dijalankan saat menjadi Kapolri. 7 program prioritas tersebut diantaranya pengembangan Sumber Daya Manusia dan penataan kelembagaan kepolisian.

Prestasi Idham Aziz

Idham merupakan lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) tahun 1988. Pengalaman Idham di bidang reserse cukup panjang. Idham tercatat pernah melumpuhkan teroris Dr Azhari dan kelompoknya di Batu, Malang, Jawa Timur, pada 9 November 2005.

Prestasi tersebut membawa Idham bersama kompatriotnya yaitu Tito Karnavian, Petrus Reinhard Golose, dan Rycko Amelza Dahniel memperoleh penghargaan dari Kapolri saat itu, Jenderal Sutanto.

Di bulan dan tahun yang sama, 10 November 2005, Brigjen Pol Surya Dharma memerintahkan Idham untuk berangkat ke Poso, Sulawesi Tengah. Ia kembali berduet dengan Tito Karnavian dalam kasus investigasi mutilasi tiga gadis Kristen di Poso. Untuk itu, per 12 November 2005, Idham menjadi Wakil Ketua Satgas Bareskrim Poso, mendampingi Tito Karnavian. (AF)*

banner 300x250

Related posts