Terjerat di Kawasan HTI Indragiri Hulu, Satu Kaki Anak Gajah Terluka Serius

  • Whatsapp
Anak gajah berusia 3 bulan terjerat di kawasan hutan tanaman industri di Indragiri Hulu, Riau (Dok. Istimewa)

TRIASnewsPekanbaru – Malang nian nasib anak gajah berusia 3 bulan ini. Salah satu kakinya sampai terangkat ke atas akibat jerat di kawasan hutan tanaman industri (HTI) milik konsesi PT RPI Desa Pandan Wangi, Kecamatan Peranap, Indragiri Hulu (Inhu) Riau.

“Kami menerima laporan dari masyarakat pada Sabtu (14/12/2019) bahwa ada anak gajah terkena jerat di lokasi konsesi perusahaan PT RPI. Atas informasi tersebut, kami menurunkan tim ke lokasi bersama dengan pihak Yayasan Tesso Nilo dan pihak perusahaan. Tim medis kita juga turun ke lokasi,” kata Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau, Suharyono kepada awak media, Senin (16/12/2019).

Read More

Sesampainya di lokasi, tim langsung membuka jerat yang mengenai kaki kiri depan. Gajah tersebut ditinggalkan kelompoknya karena terjerat.

Kini gajah berusia sekitar 3 bulan dievakuasi ke pusat pelatihan gajah (PLG) ke Minas, Kabupaten Siak.

“Gajah ini berjenis kelamin betina. Akibat luka jeratan tersebut kaki depannya mengalami luka cukup serius sehingga perlu perawatan intensif oleh tim medis kita,” kata Haryono.

Dia berharap warga tidak lagi memasang jerat untuk satwa. Pihaknya juga mengajak pihak perusahaan selaku pemegang konsesi, untuk ikut berperan aktif dalam penyelamatan satwa liar dilindungi Undang-Undang.

“Peran serta perusahaan sangat kita harapkan, untuk sama-sama penyelamatan satwa yang dilindungi,” tegas Haryono. (AF)* 

banner 300x250

Related posts