Tahun 2020, Margonda Depok, Daan Mogot Tangerang, dan Kalimalang Bekasi jadi Jalan Berbayar

  • Whatsapp
Sistem Jalan Berbayar Elektronik

Triasnews – Awal Tahun 2020 memang penuh dengan kejutan, dan bisa disebut masa suram bagi rakyat Indonesia. Hanya berselang dua bulan saja dari pelantikan Joko Widodo-Ma’ruf Amin sebagai Presiden-Wakil Presiden RI periode 1999-2024 beserta Kabinet Indonesia maju, rakyat bakal dihadapkan pada situasi sulit dalam kehidupannya.

Betapa tidak, awal tahun 2020 nanti, sejumlah kenaikan tarif bakal diberlakukan efektif, mulai dari iuran BPJS Kesehatan, tarif tol, tarif listrik, ojek online, plastik, hingga cukai rokok. Harga BBM juga diperkirakan ikut naik.

Read More

Kabar teranyar, sejumlah jalan nasional juga akan diterapkan Sistem Jalan Berbayar Elektronik atau electronic road pricing (ERP) pada awal 2020 nanti. Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) pada tahap awal bakal menerapkan sistem jalan berbayar di Jalan Margonda (Depok), Jalan Daan Mogot (Tangerang), dan Jalan Kalimalang (Bekasi).

Kepala BPTJ Bambang Prihartono mengatakan, sampai saat ini BPTJ sedang  menyusun road map dan sedang mengkaji regulasi yang ada.

Dalam penerapan ERP tersebut, BPTJ pun akan bertanggung jawab di ruas jalan nasional, sementara pemerintah provinsi akan bertanggung jawab di jalan daerah masing-masing.

Nanti untuk jalan nasional, diterapkan di jalan Margonda, Depok, jalan Daan Mogot Tangerang, dan Kalimalang, Bekasi. Ini baru untuk tahap I,” ungkap Bambang, Kamis (14/11/2019).

Sistem ERP dinilai bakal dapat mengurangi banyaknya penggunaan kendaraan pribadi di kawasan Jakarta. Kebijakan ganjil-genap yang diberlakukan saat ini belum dapat menurunkan jumlah penggunaan kendaraan secara signifikan. (AF)*

banner 300x250

Related posts