Resmi! Naruhito Kaisar Baru Jepang

  • Whatsapp
Trias News
repost

Di hadapan ratusan tamu undangan, Naruhito merampungkan ritual penobatan dirinya untuk duduk di Tahta Chrysanthemum sebagai Kaisar ke-136 Jepang.

Naruhito secara resmi memproklamirkan penobatannya sebagai Kaisar Jepang. Dalam upacara tradisi bernama “Sokui no Rei”, ia mengumumkan perubahan statusnya dari Putra Mahkota Jepang.

“Dengan ini, saya mengumumkan penobatan saya di dalam dan di luar negara,” kata Kaisar Naruhito didampingi oleh Permaisuri Masako.

Naruhito adalah kaisar Jepang pertama yang lahir setelah Perang Dunia II. Ia naik tahta menjadi kaisar ketika ayahnya, Akihito, turun tahta karena usia lanjut.

Kaisar Naruhito (59) melakukan upacara itu bersama Permaisuri Masako. Acara penobatan ini dihadiri oleh pejabat tinggi, termasuk kepala negara dan bangsawan dari lebih dari 180 negara.

Topan Hagibis yang kuat menghantam Jepang pada pekan lalu dengan puluhan korban tewas memaksa parade meriah penobatan ditiadakan.

Meski begitu, Selasa (22/10/2019), acara penasbihan Naruhito sebagai Kaisar Jepang tetap digelar sesuai tradisi yang telah berusia 2.000 tahun itu.

Keluarga kekaisaran mengenakan jubah tebal ketika masuk ke Ruang Pinus, dengan perempuan memakai wig dengan hiasan emas di atasnya.

Kemudian di bagian tengah adalah dua pilar yang menyangga tahta ditutup gorden ungu, dan dibuka untuk menunjukkan Naruhito dan permaisurinya.

Kaisar Naruhito mengenakan jubah tembaga tebal dan topi baja hitam yang jarang terlihat. Sementara Permaisuri Masako memakai kimono berlapis.

Upacara itu dilakukan sebagian besar dalam keheningan, dengan ditemani suara gong dan drum terdengar. Sekitar 2.000 tamu, termasuk bangsawan, berdiri diiringi entakan drum.

Dalam pernyataannya, Naruhito menuturkan bakal selalu mendoakan kebahagiaan rakyat Jepang dan dunia, serta bakal berdiri mendukung Jepang.

“Saya akan memenuhi tugas saya sebagai simbol Jepang dan persatuan dari seluruh rakyat Jepang,” tutur kaisar berusia 59 tahun itu.

Sebagai tanggapan, Perdana Menteri Shinzo Abe menyatakan dia dan seluruh masyarakat Negeri “Sakura” bakal menghormati Kaisar Naruhito.

Setelah itu, dia berdiri, mengangkat tangan, dan berteriak Banzai! atau Panjang Umur Kaisar! sebanyak tiga kali diikuti kerabat yang hadir.

Naruhito secara resmi menjabat sebagai Kaisar ke-136 Jepang pada 1 Mei setelah ayahnya, Kaisar Akihito, mengumumkan pengunduran diri.

Namun peralihan kekuasaan dari salah satu kerajaan tertua dunia itu tidak akan berhenti sebelum peran barunya diumumkan.

Di tengah duka akibat Topan Hagibis, pemerintah telah mengumumkan parade bakal ditangguhkan hingga 10 November. Namun ritual acara bakal tetap berlangsung.

Naruhito memulai upacara penobatan dengan “melaporkan” kepada dewa serta para leluhur. Mengenakan jubah putih sepanjang 60 sentimeter.

Kemudian serangkaian jamuan bakal digelar malam harinya bagi tamu mulai dari Pangeran Charles asal Inggris, hingga Perdana Menteri Korea Selatan Lee Nak-yon.

Selain itu, Tokyo juga mengumumkan lebih dari setengah juta terpidana bakal mendapat pengampunan sebagai bagian dari tradisi. TP

banner 300x250

Related posts