Pemprov DKI Bangun 850 Unit Rumah DP Rp 0 Tahap II di Cilangkap Jaktim

  • Whatsapp
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, resmikan ground breaking Tower Samawa dari Nuansa Cilangkap

TRIASnews, Jakarta — Setelah membangun di Pondok Kelapa, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melanjutkan program hunian subsidi DP (Down Payment) Nol Rupiah (DP Rp 0). Lokasi baru kali ini berada di kawasan Cilangkap, Jakarta Timur.

Dengan brand ‘Nuansa Cilangkap’ perumahan itu bakal dibangun oleh PD Sarana Jaya, yang menggandeng PT Totalindo Eka Persada Tbk, sebagai pelaksanan pembangunan. Sarana Jaya dan Totalindo membangun empat menara (tower) di lokasi tersebut.

Read More

“Mengacu pada rencana, proyek ini diperkirakan selesai dalam waktu dua tahun, atau pada kuartal III/2021. [Investasi] kurang lebih Rp200 miliar, ditanggung oleh Sarana Jaya dan Totalindo,” ungkap Direktur Utama PD Sarana Jaya, Yoory C. Pinontoan, di sela-sela acara peletakan batu pertama (ground breaking) perumahan tersebut di Cilangkap, Jakarta Timur, Kamis (12/12/2019), yang dihadiri Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

Rumah hunian DP 0 di Klapa Village di Pondok Kelapa, jaktim

Proyek rumah hunian ber-DP Rp 0 itu dibangun di atas lahan seluas kurang lebih 2,9 hektar. Dari 4 tower itu ada Tower Samawa yang memiliki kapasitas 850 unit rumah susun sederhana milik dengan ketinggian 24 lantai.

Ada tiga tipe yang bisa dipilih masyarakat, yaitu tipe studio, tipe 1 kamar tidur (single bed room), dan dua kamar tidur (2 bed rooms). Tipe studio memiliki luas 21 m2 dan 22 m2, tipe satu kamar tidur 23,9 m2 dan 24,5 m2, dan tipe dua kamar tidur 34,6 m2 dan 35,3 m2.

Lantas, berapa harga jual Rumah DP Rp0 di Cilangkap? Yoory mengatakan pihaknya masih menghitung harga jual untuk masyarakat.

“Untuk tipe studio berkisar harga Rp 200 juta dan tipe dua kamar tidur Rp 330 juta,” imbuhnya.

Kisaran harga jual tower Samawa di Nuansa Cilangkap tidak jauh berbeda dari Klapa Village. Berdasarkan data Sarana Jaya, harga jual tipe studio di proyek DP RP 0 tahap I berkisar dari Rp 195,8 juta untuk tipe studio, Rp 213 juta untuk tipe 1 kamar tidur, dan Rp 341 juta untuk tipe dua kamar.

Masyarakat yang berminat bisa mengisi formulir pendaftaran yang disiapkan oleh UPT DP Rp 0. Nanti, Pemprov DKI dan Bank DKI akan melakukan penyaringan untuk memastikan nasabah tersebut berhak mendapat bantuan pembiayaan perumahan.

Kepala UPT Rumah DP Rp 0, Dzikran Kurniawan, mengatakan dari 780 unit rusun di Klapa Village, baru 85 unit yang sudah dihuni oleh masyarakat.

Dari ribuan aplikasi atau permohonan yang masuk, sekitar 125 sudah menyelesaikan akad KPR.

“225 pemohon sudah lolos tahap verifikasi Bank DKI. Mereka tinggal mencari jadwal untuk melaksanakan akad KPR yang disaksikan notaris dan pihak Bank DKI,” ucapnya. (AF)*

banner 300x250

Related posts