Nyaris Pingsan, Pilot Batik Air Ini Lakukan Pendaratan Darurat

  • Whatsapp

Triasnews – Pada Minggu (17 November 2019) siang, pilot Djarot Harnanto bertugas  menerbangkan pesawat Batik Air dengan seri pesawat A-320 dengan nomor penerbangan ID-6548. Pesawat mengangkut sebanyak 148 orang penumpang dan 7 kru.

Baru saja lepas landas dari Pelabuhan Udara (Bandara) El Tari, Kupang, NTT, saat pesawat berada di ketinggian, Djarot Harnanto tiba-tiba memutuskan untuk tidak melanjutkan perjalanan ke Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten.

Read More

Kapten Djarot melakukan pendaratan darurat di Bandara El Tari, Kupang. Apa pasal?

Rupanya, sebagaimana dilansir dari Kompas.com, Kapten Djarot mengalami gangguan kesehatan. Corporate Communications Strategic of Batik Air, Danang Mandala Prihantoro, mengatakan, Djarot merasa pusing berat di kepalanya sehingga konsentrasinya makin lama makin terpecah dan badannya lemas tak berdaya.

Pilot Batik Air seri A-320 dengan nomor penerbangan ID-6548, saat dievakuasi beberapa saat setelah mendarat di Bandara El Tari Kupang, Minggu (17/11/2019)

“Sebelum menurunkan ketinggian, Pilot in Command (PIC) dalam hal ini pilot merasa ada gangguan kesehatan dengan indikasi pusing berat sehingga membuat konsentrasi terpecah dan lemas,” ujar Danang, Minggu.

Mengetahui bahwa kapten pesawat tersebut hampir tak sadarkan diri, kopilot yang mendampingi Djarot dalam penerbangan tersebut segera menginformasikan kepada seluruh penumpang dan awak pesawat bahwa penerbangan sedang dalam keadaan darurat.

Walau dalam keadaan konsentrasi terpecah yang mengindikasikan hampir pingsan tersebut, Djarot masih sempat mengambil keputusan untuk mendarat darurat. Dengan bantuan dari kopilot yang bertugas, Djarot Harnanto akhirnya dapat melakukan pendaratan darurat.

Sesampainya di darat, tim medis langsung melakukan pertolongan pertama pada Djarot yang terlihat telah tak berdaya. Sesampainya di Bandara El Tari, pesawat kemudian ditarik menggunakan mobil push back dari ujung landasan bandara menuju pelataran pesawat.

Sang pilot itu kemudian dievakuasi ke rumah sakit terdekat. (AF)*

banner 300x250

Related posts