Muhyiddin Yassin Jadi PM Malaysia Gantikan Mahathir

  • Whatsapp
Muhyiddin Yassin

TRIASNews – Untuk mengakhiri gejolak politik pasca keputusan Mahathir Mohamad mundur sebagai Perdana Menteri (PM) Malaysia, Raja Malaysia Yang Dipertuan Agong Abdullah Ri’ayatuddin Al-Mustafa Billah Shah resmi menunjuk Muhyiddin Yassin sebagai PM Malaysia. 

Muhyiddin Yassin akan resmi dilantik menjadi Perdana Menteri Malaysia ke-8, Minggu (1/3/2020) di Istana Negara Malaysia.

Read More

Muhyiddin Yasin dikenal sebagai Presiden Parti Pribumi Bersatu Malaysia (PPBM/Bersatu). Pria berusia 72 tahun ini lahir di Muar, Johor, Malaysia pada 15 Mei 1947.

Muhyiddin bergabung dengan United Malays National Organisation (UMNO) pada tahun 1978 sebelum menyeberang ke Partai Pribumi Bersatu Malaysia pada tahun 2016 dan menjadi presidennya. 

Portofolio kementeriannya meliputi Menteri Perdagangan Domestik dan Konsumerisme, Menteri Pertanian dan Industri Berbasis Agro, serta Menteri Perdagangan dan Industri Internasional. 

Sebelumnya, dia juga pernah menjabat sebagai wakil PM Malaysia saat tampuk PM dipegang Datuk Seri Najib Razak, yang terakhir memecatnya sebagai wakil karena mengajukan pertanyaan terkait skandal 1Malaysia Development Bhd (1MDB). 

Dalam keterangan resmi yang dikeluarkan Istana Negara pada Sabtu (29/2/2020), keputusan ini dikeluarkan oleh Raja Abdullah usai melihat bahwa pimpinan koalisi yang menguasai suara mayoritas di parlemen adalah Muhyiddin, anggota parlemen dari wilayah Pagoh. 

“Dengan demikian, Raja telah menunjuk Muhyiddin sebagai perdana menteri sebagaimana diatur dalam Konstitusi Federal Pasal 40(2)(a) dan 43(2)(a),” tulis Kepala Staf Kerajaan Malaysia, Ahmad Fadil Shamsuddin, dalam keterangan resmi yang dikeluarkan Istana Negara.  

Keterangan yang dirilis Istana Negara juga menyebutkan bahwa Raja Malaysia meyakini penunjukkan ini adalah keputusan terbaik untuk semua pihak dan keputusannya ini diharapkan dapat mengakhiri gejolak politik yang tengah terjadi. (AF)*

banner 300x250

Related posts