Kebebasan Berpendapat Dipasung, Mahasiswa Unindra Demo di Mapolda Metro Jaya

  • Whatsapp

TriasNews  – Forum Diskusi Mahasiswa Universitas Indraprasta PGRI (FDMU) menggelar aksi unjuk rasa mengusung tema ‘Tolak Pengekangan Kebebasan Berpendapat’ di lingkungan kampus Unindra, di depan Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (13/12/2019).

Pantauan TriasNews di Jakarta, ada sekitar 40 mahasiswa yang berdemonstrasi.

Walid, Kordinator Lapangan (Korlap) Aksi, menuturkan bahwa keberanian dirinya dan rekan-rekanya itu sebagai bentuk rasa kesal kepada sikap semena-mena pihak rektorat kampus Unindra yang dinilai sangat tidak pro mahasiswa dan mengekang kebebasan mahasiswa.

“Kita ketahui bersama bahwa hari ini para petinggi kampus kami tercinta Universitas Indraprasta PGRI mencoba untuk mengontrol serta ingin memenjarakan hak-hak berpendapat para mahasiswanya. Lebih dari itu, pihak universitas pun menggunakan kepolisian sebagai tameng otoriternya,” tutur Walid kepada awak media yang meliput aksi.

Secara bergantian, mahasiswa berorasi menuntuk agar pihak kampus Unindra membuka kembali akses kebebasan berpendapat mahasiswa dan tidak alergi kritikan mahasiswa.

Walid menyebutkan, pihak Unindra telah menyepakati kesepahaman dengan pihak Polda Metro Jaya bahwa aparat kepolisian akan membantu mengamankan para mahasiswa yang menyuarakan pendapat secara berlebihan.

“Berdasarkan hak berpendapat yang sudah di atur didalam undang-undang, kami sebagai mahasiswa Unindra terpanggil untuk memperjuangkan serta merebut kembali hak-hak kami sebagai agen perubahan sekaligus penentu masa depan bangsa ini,” pungkas Walid.

Setidaknya, ada tiga tuntutan yang mahasiswa Unindra suarakan dalam aksi ini, sebagai berikut: 

1. Meminta Polda Metro Jaya subdit III membatalkan SOP dengan pihak kampus Unindra.

2. Meminta pihak Polda Metro Jaya tidak menjadi tameng kekuasaan (otoriter) pihak kampus Unindra.

3. Meminta pihak Polda Metro Jaya agar tidak ikut campur dalam mengurus kebebasan berpendapat mahasiswa di dalam ruang lingkup Universitas. (AF)

banner 300x250

Related posts