Memalukan! Komisioner KPU Wahyu Setiawan Di-OTT KPK Karena Terima Suap Rp 400 Juta

  • Whatsapp
Wahyu Setiawan, Komisioner KPU RI, yang di-OTT KPK

TRIASNews – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menangkap Komisioner KPU Wahyu Setiawan dalam operasi tangkap tangan (OTT) pada Rabu (8/1/2020).

Selain Wahyu, ada tiga orang lain yang ditangkap. Salah satunya diduga calon legislatif (Caleg) dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) bernama Harun Masiku. Caleg ini diduga akan menyuap Wahyu terkait pergantian antar waktu (PAW) di DPR. Ia diduga akan memberikan uang kepada Wahyu Setiawan sebesar Rp 400 juta lewat dua orang perantara.

Read More

Sumber lain menyebutkan, caleg ini adalah Harun Masiku. Harun adalah caleg untuk Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI yang maju dari daerah pemilihan (Dapil) Sumatera Selatan (Sumsel) I nomor urut 6. Dapil Sumsel I ini meliputi Kota Palembang, Kabupaten Musi Banyuasin, Kabupaten Banyuasin, Kabupaten Musi Rawas, Kabupaten Musi Rawas Utara, dan Kota Lubuklinggau.

Harun tak lolos sebagai anggota DPR RI dalam Pileg 2019. Yang ditetapkan oleh KPU adalah Caleg PDIP lainnya, Riezky Aprilia, menggantikan Nazarudin Kiemas yang meninggal dunia.

Dalam rapat pleno KPU 31 Agustus 2019, PDIP sempat meminta KPU mencoret Riezky Aprilia dari daftar anggota DPR terpilih. Partai banteng mengajukan nama Harun. Namun permintaan ini ditolak oleh KPU.

Ketika dikonfirmasi, Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron mengatakan proses pemeriksaan pada Wahyu Setiawan masih berjalan. Ghufron mengatakan selain Wahyu, ada tiga orang yang ditangkap. Mereka berinisial HM, D, dan S.

“Penerima WS, suap lewat D dan S,” katanya.

Saat ditanya apakah HM merujuk pada Harun Masiku, Ghufron mengatakan, “Kan bisa dilacak dari nama caleg.”

banner 300x250

Related posts