Majalah TRIAS Edisi November 2019

  • Whatsapp

Untuk edisi November 2019 kali ini, TRIAS menyuguhkan sejumlah berita menarik.

Sebagai ‘cover story’, TRIAS mengangkat profil Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) dengan segenap tantangan lima tahun ke depan, terutama terkait dengan program Dana Desa.

Read More

Meskipun baru menjabat Menteri Desa & PDTT, Abdul Halim Iskandar adalah seorang fast learner (cepat memahami dan menguasai materi). Pun soal seluk-beluk tugas pokok dan fungsi Kemendes & PDTT yang kini ia pimpin.

Abdul Halim ternyata telah menunjukkan kapasitas dan kapabilitasnya dalam memimpin Kemendes & PDTT khususnya terkait mengawal pendistribusian Dana Desa untuk 5 tahun ke depan.

Abdul Halim menginstruksikan agar untuk tahun 2020, sasaran utama Kemendes & PDTT meningkatkan kualitas penggunaan Dana Desa melalui skala prioritas optimalisasi SDM desa dan penguatan BUMDes. Pertimbangannya, kehadiran BUMDes berkaitan erat dengan ekonomi kerakyatan dan terbukanya lapangan kerja baru.

Pada rubrik Sorot, TRIAS mengulas kontroversi kenaikan iuran jaminan kesehatan nasional yang dikelola BPJS Kesehatan sampai 100 persen. Kebijakan pemerintah menaikkan iuran JKN BPJS Kesehatan awalnya ditujukan untuk menambal defisit BPJS Kesehatan tahun 2019 yang mencapai Rp 32,8 triliun.

Namun, belakangan kebijakan yang tidak populis itu dinilai tidak tepat karena menimbulkan ekses yang tidak bagus. Rakyat yang sejatinya berhak atas jaminan kesehatan dari negara justru diposisikan sebagai pihak yang ‘tertekan’ dan ‘tersandera’ oleh kebijakan pemerintah.

Pada  rubrik Yudikatif, kami beberkan profil Kejaksaan Tinggi Jawa Barat (Kejati Jabar) yang memposisikan diri sebagai Zona Integritas menuju  Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM), dengan berlandaskan pada motto kerja SAMPURASUN (SigAp Melayani Profesional Unggul dan Ramah serta SantUN).

Guna mendukung tercapainya kinerja yang memuaskan dalam melayani masyarakat, Kejati Jabar melakukan perubahan internal melalui, apa yang disebut sebagai Reformasi Birokrasi.

Download selengkapnya di sini:

Majalah TRIAS Edisi November 2019

banner 300x250

Related posts