Majalah Trias Edisi Januari 2020

  • Whatsapp

Pembaca TRIAS yang budiman,

Selamat Tahun Baru 2020, semoga di tahun baru ini kita mendapatkan kebahagiaan dan kesuksesan. Semua harapan dan cita-cita terwujud.

Read More

Terima kasih telah menjadi pembaca setia majalah TRIAS. Semoga kita semua senantiasa diberkahi kesehatan dan kebahagiaan oleh Tuhan YME.

Untuk edisi kali ini, TRIAS menyuguhkan sejumlah berita menarik.

Untuk Cover Story, kami mengangkat sinergi yang produktif antara Pemkab Mamuju dan Kejati Sulbar dalam mengawal Dana Desa dan pembangunan di Sulbar. Sebagai narasumber, TRIAS mewawancarai Bupati Mamuju, Drs. H. Habsi Wahid, MM dan Kepala Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sulbar, Darmawel Aswar, SH, MH.

Pemkab Mamuju tengah gencar-gencarnya melaksanakan pembangunan infrastruktur kawasan pedesaan. Dana Desa dari Pusat dikawal agar berhasil guna, bersinergi dengan Kejati Sulbar.

Melalui program Jaga (Jaksa Garda) Desa, Kejati Sulbar memakai pendekatan pencegahan (preventif) dalam mengawal pendistribusian dan pemanfaatan Dana Desa yang dikucurkan Pemerintah Pusat dari APBN sehingga benar-benar optimal, tepat sasaran, untuk pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat desa.

Pada rubrik Sorot, TRIAS mengulas tiga isu. Pertama, ulasan tentang kasus gagal bayar PT Asuransi Jiwasraya (Persero) semakin merebak dan menjadi bola panas liar yang tak hanya bakal merasuki ranah hukum namun menggelinding juga ke pusaran politik nasional. Sebagai catatan, dalam kasus Jiwasraya ini sudah diindikasikan terjadi tindak pidana korupsi (tipikor) yang merugikan keuangan negara sebesar Rp13,7 triliun. Masih jadi tanda Tanya: Siapakah perampok Jiwasraya?

Kedua, ulasan tentang isu tunggakan Badan Penyelanggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan sebesar Rp1,2 triliun di seluruh rumah sakit milik Muhammadiyah, yang diungkap oleh mantan Ketum PP Muhammadiyah, Prof. Din Syamsuddin. Agaknya, BPJS Kesehatan tak putus dirundung masalah. Sengkarut yang menjerat BPJS Kesehatan tak kunjung usai.

Ketiga, ulasan seputar kinerja KPK selama 4 tahun terakhir yang terbilang mengagumkan di tengah upaya pelemahan secara sistematis dan terstruktur terhadap lembaga antirasuah itu.

Sebagai penyegaran mata, di rubrik Panorama, TRIAS menyuguhkan Pesona Bukit Pelangi Kelabba Maja NTT. Kelabba Maja ibarat surga tersembunyi. Kemolekan Kelabba Maja tak hanya oleh Bukit Pelangi, namun juga dipersolek oleh Batu Keseimbangan (The Balancing Rock), yang berdiri kokoh di puncak bukit. Daerah ini dipercaya warga sekitar sebagai tempat bersemayamnya para dewa.

Selanjutnya, di rubrik Unik, TRIAS mengangkat profil kearifan Desa Jimbar, Kecamatan Pracimantoro, Kabupaten Wonogiri, Provinsi Jawa Tengah, yang menyepakati kurun waktu dua jam (pukul 17.30 WIB s/d 19.30 WIB) sebagai jam tanpa televisi dan telepon genggam.

Masih banyak berita menarik yang kami ketengahkan spesial untuk pembaca setia TRIAS.

Selamat membaca.

banner 300x250

Related posts