Komunitas UMKM Alumni Unpad Terima Pencerahan tentang Perlindungan Jaminan Sosial

  • Whatsapp
Pelaku UMKM dari Komunitas UMKM Alumni Unpad usai ikuti acara diskusi dengan BPJAMSOSTEK

TRIASNEWS, Bandung – Dalam rangka meningkatkan produktivitas sekitar 700 usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang dikelola para alumni Universitas Padjadjaran (Unpad), Komunitas UMKM Alumni Unpad  bekerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaa menggelar kegiatan diskusi bertajuk “Diskusi Santai: Dari Kita untuk Kita”.

Berlangsung di Rumah Lombok 41, Bandung, Jawa Barat, Jumat 25 September 2020, acara tersebut diikuti para anggota Komunitas UMKM Alumni Unpad. Mereka sangat antusias menyimak dan bertanya kepada dua pembicara utama, yakni Dr. Dewi Tenty Septi Artiany, SH, MH, M.Kn  (inisiator dan ketua Komunitas UMKM Alumni Unpad) dan  Puspitaningsih, Kepala Kantor Cabang BPJAMSOSTEK Jakarta Cilandak.

Read More

Dr. Dewi Tenty Septi Artiany, SH, MH, M.Kn, inisiator dan ketua Komunitas UMKM Alumni Unpad (kiri) dan  Puspitaningsih, Kepala Kantor Cabang BPJAMSOSTEK Jakarta Cilandak (kanan).

Seberapa pentingkah pelaku  UMKM mendapatkan Program Perlindungan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan? Demikianlah kira-kira pertanyaan besar yang mengemuka.

Acara yang dibuka oleh Inda Dehasman, selaku Dewan Pengawas BPJAMSOSTEK melalui zoom meeting itu dilanjutkan dengan sambutan oleh Dewi Tenty.

“Acara ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan informasi terkait program dan manfaat BPJAMSOSTEK bagi pelaku UMKM di wilayah Bandung Jawa Barat umumnya, dan UMKM Alumni Unpad khususnya,” ungkap Dewi Tenty, yang sehari-hari berprofesi sebagai notaris dan pemerhati koperasi & UMKM.

Peserta diskusi tentang Perlindungan Jaminan Sosial Komunitas UMKM Alumni Unpad dengan BPJAMSOSTEK

Dengan adanya jaminan sosial dan pelindungan bagi pekerja UMKM, lanjut Dewi, ada kepastian pencegahan risiko manakala terjadi musibah kecelakaan kerja dan meninggal dunia.

“Sehingga dengan sendirinya jaminan sosial bagi pekerja UMKM akan meningkatkan produktivitas usaha pelaku UMKM,” imbuh Dewi Tenty.

Mengamini pernyataan Dewi Tenty, Puspitaningsih selaku Kepala Kantor Cabang BPJAMSOSTEK Cilandak mengatakan, program BPJAMSOSTEK sangat penting bagi pelaku  UMKM.  

“Sebab, yang berhak mendapatkan perlindungan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan bukan hanya karyawan yang berkerja di perusahaan saja, namun pekerja dan pelaku usaha seperti UMKM juga” tegas Wetty, sapaan akrab Puspitaningsih.

Dewi Tenyi juga menambahkan, Komunitas UMKM Alumni Unpad mengadakan kegiatan semacam ini karena dinilai sangat bermanfaat bagi para alumni pelaku UMKM.

 “Pelaku UMKM ini sangat membutuhkan perlindungan Jaminan Sosial untuk kehidupan yang lebih aman dan nyaman dalam bekerja. Perlindungan jaminan sosial ini dapat diberikan oleh BPJAMSOSTEK,” tutur Dewi.

Kepada TRIASNEWS, seusai acara, Wetty mengatakan pihaknya sangat apresiatif kepada para peserta diskusi yang nota bene adalah alumni Unpad.

“Apresiasi tinggi patut saya sematkan kepada Ibu Dewi Tenty selaku insiator dan ketua Komunitas UMKM Alumni Unpad, yang memberikan ruang dan waktu kepada pihak BPJAMSOSTEK untuk menyampaikan informasi dan knowledge seputar betapa pentingnya manfaat perlindungan jaminan sosial dari BPJAMSOSTEK bagi para pelaku UMKM Alumni Unpad,” ucap Wetty, yang juga adalah alumni dari Unpad. (TRIASNEWS/AF)

banner 300x250

Related posts