Kejati Kepri Siap, Kejaksaan Pasti Lebih hebat

  • Whatsapp
Kajati Kepri, Edy Birton, SH, MH canangkan ZI WBK

Dilandasi Motto ‘Kejati Kepri Siap, Kejaksaan Pasti Lebih Hebat’, jajaran Kejaksaan Tinggi Kepulauan Riau memposisikan diri sebagai Zona Integritas Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK), dan tengah menuju Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM). Pendekatan preventif dikedepankan dalam melaksanakan program TP4D dan pengawalan Dana Desa.

Edy Birton yang resmi menjabat Kajati Kepri, setelah dilantik oleh Jaksa Agung RI, Dr (HC) HM Prasetyo pada 9 Januari 2019 itu tanpa menunggu waktu lama langsung membenahi dan menyiapkan semua aspek, dalam kerangka melaksanakan tugas dan fungsi organisasi (pemerintahan) yang baik, efektif, dan efisien dengan spirit utama: melayani masyarakat dengan cepat, tepat, dan profesional.

Read More

Kepala Kejaksaan Tinggi Kepulauan Riau (Kajati Kepri), Edy Birton, SH, MH, menuturkan bahwa saat ia pertama kali bertugas tengah gencar-gencarnya jajaran Adhyaksa (mulai dari kejaksaan tinggi hingga kejaksaan negeri) di seluruh Indonesia berupaya masuk sebagai Zona Integritas menuju  Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM).

Mantan Wakil Kajati Jawa Timur itu mengerahkan seluruh jajaran insan Adhyaksa di seluruh Provinsi Kepri guna menyiapkan segala saran dan prasarana yang ada. Mulai dari penerimaan surat-surat yang masuk melalui PTSP hingga sistem pelayanan berbasiskan teknologi informasi (IT).

“Tujuannya adalah untuk lebih meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat secara transparan, jauh dari mental korupsi, mempercepat birokrasi. Alhamdulillah pada bulan September, dalam rangka WBK ini, kami menyampaikan pemaparan di hadapan tim Kemenpan RB. Kami hanya perlu menambahi sedikit data pendukung agar bisa meraih status ZI menuju WBK,” ungkap mantan Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Pekanbaru, Riau, itu kepada TRIAS, belum lama ini.

Dijelaskan lebih lajut oleh Edy Birton, selaku pucuk pimpinan di Kejati kepri, ia melakukan Manajemen Perubahan di internal. Tujuan yang hendak dicapai, imbuh Edy, yakni meningkatnya komitmen seluruh unsur pimpinan dan pegawai di lingkungan Kejati Kepri dalam membangun Zona Integritas menuju WBK/WBBM, terjadinya perubahan pola pikir dan budaya kerja para pegawai Kejati Kepri, dan menurunnya risiko kegagalan yang disebabkan kemungkinan timbulnya resistensi terhadap perubahan.

Guna menyukseskan program Manajemen Perubahan tersebut, Edy membentuk Tim Kerja untuk melakukan pembangunan Zona Integritas menuju WBK/WBBM.

Ia juga melakukan perubahan Pola Pikir dan Budaya Kerja di lingkungan Kejati Kepri. Perubahan ini, kata Edy, mensyaratkan peranan pimpinan sebagai role model dalam pelaksanaan pembangunan Zona Integritas menuju WBK/WBBM. Tak kalah pentingnya juga, keterlibatan seluruh insan Adhyaksa di Kejati Kepri dalam upaya membangun Zona Integritas Menuju WBK/WBBM. (AF)*

banner 300x250

Related posts