Kajari Gunungkidul: Pers Mitra Andal Adhyaksa

  • Whatsapp
Kajari Gunung Kidul D.I. Yogyakarta, Koswara, SH, MH

TRIASNews – Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Gunungkidul, D.I. Yogyakarta, Koswara, SH, MH, adalah sosok insan Adhyaksa yang begitu apresiatif terhadap keberadaan lembaga media massa (pers).

Dari perspektif pembangunan hukum, sebagai pucuk pimpinan sebuah institusi penegak hukum, Koswara menganggap kehadiran pers sebagai sebuah keharusan.

Read More

Persepsi yang baik dan apresiasi yang tinggi terhadap posisi dan peran pers tersebut didasarkan atas pengalaman faktual Koswara saat dua kali mengemban tugas sebagai kepala seksi penerangan hukum (Kasi Penkum), yakni Kasi Penkum di Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sumatera Barat dan Kasi Penkum di Kejati Jawa Barat.

Sehari-hari, aku Koswara, ia bersosialisasi dengan kalangan pers dalam rangka menyampaikan setiap informasi seputar dinamika dan kinerja penegakan hukum di institusi tempat ia mengabdikan diri.

Berdasarkan pengalamannya itu lah, Koswara menyimpulkan betapa penting menjalin kemitraan yang baik dengan insan pers dan institusi pers, sebab kemitraan itu sangat efektif dalam konteks tersampaikannya informasi penegakan hukum institusi kejaksaan.

“Kehadiran pers sangatlah penting karena tanpa pers berita-berita kinerja penegakan hukum yang dilaksanakan oleh institusi kejaksaan tidak akan pernah sampai ke masyarakat. Akibatnya, masyarakat pun tidak bakal mengetahui sejauh mana penegakan hukum oleh aparat penegak hukum,” kata Koswara kepada TRIASNews.

Dalam hemat Koswara, program-program pembangunan hukum yang akan dijalankan dan yang telah dicapai oleh institusi Kejaksaan RI dapat disalurkan melalui peran pers.

“Jadi, dalam hal ini, pers juga berfungsi sebagai agen check and balance dan juga sebagai pengawas kinerja aparat dan institusi penegak hukum itu sendiri,” imbuh Koswara.

Mengutip Harold D Laswell dan Charles L Wright, Koswara mengatakan, pers memiliki tiga fungsi utama, yakni sebagai alat pengamat soial, sebagai alat korelasi sosial, dan sebagai alat sosialisasi.

“Selain tiga fungsi di atas, beberapa sumber menggariskan fungsi pers sebagai media informasi, media pendidikan, media hiburan, media kontrol sosial, dan sebagai lembaga ekonomi,” tutur Koswara.

Berkenaan dengan peringatan Hari Pers nasional (HPN) ke-74 yang dipusatkan secara nasional di Kota Samarinda, Kalimantan Timur, tak lupa Koswara selaku Kajari Gunungkidul, D.I. Yogyakarta, menyampaikan ucapan selamat kepada seluruh insan pers di seluruh Indonesia.

“Atas nama pribadi, dan seluruh jajaran staf dan pegawai Kejaksaan Negeri Gunungkidul DIY, saya sampaikan Selamat Hari Pers Nasional ke-74 Tahun kepada seluruh insan pers tanah air,” ucap Koswara. (Erman Tale Daulay/AF)*

banner 300x250

Related posts