Jambi Heboh, Ada Warga Diduga Terjangkit Virus Corona

  • Whatsapp
Foto yang diunggah ke media sosial pada 25 Januari 2020 oleh Rumah Sakit Pusat Wuhan menunjukkan staf medis merawat pasien, di Wuhan, China (Reuters)

TRIASNews, Jambi – Seorang warga Jambi diduga terjangkit virus corona atau Wuhan Pneumonia. Informasi yang beredar secara masif dan cepat melalui aplikasi pesan singkat WhatsApp menyebutkan, saat ini yang bersangkutan sudah dirujuk dari rumah sakit Siloam ke RSUD Raden Mattaher Jambi pada Sabtu (25/1/2020) malam.

Disebut-sebut, pasien yang merupakan guru di Kanaan School berasal dari Wuhan China dan baru saja pulang dari kampung Wuhan, tanggal 16 Januari 2020 silam.

Read More

“Pasien baru pulang dari China dan mengeluh batuk dan pilek. Ketika dirujuk ke RS Mattaer, pasian melewati pintu belakang, pintu mayat, bukan lewat IGD,”ungkap pengirim pesan tersebut.

Wakil Direktur Pelayanan dan Keperawatan RSUD Raden Mattaher Jambi, dr. Dewi Lestari menyebut, pihaknya belum dapat memastikan apakah pasien positif terjangkit virus Wuhan karena perlu pemeriksaan lebih lanjut.

Yang pasti, pihaknyatelah menyiapkan ruang isolasi khusus untuk pasien tersebut.

“Kita sudah siapkan ruang isolasi khusus untuk pasien diduga terkena penyakit Wuhan Pneumonia,” ujar dr. Dewi seperti dilansir dari Tribunjambi.com

Ia menjelaskan, petugas juga telah disiapkan untuk menerima pasien dengan Alat Perlindungan Diri (APD) lengkap mulai dari helm, baju astronot, Masker N95, sarung tangan panjang dan sepatu boat.

“Keselamatan petugas juga harus diutamakan karena sangat berisiko tertular bersentuhan langsung dengan pasien, jadi kita menggunakan APD lengkap. Kita sudah ada timnya, jadi ketika mendadak kita siap melayani pasien,” jelas dr. Dewi.

Ia menambahkan, penyebaran virus ini melalui droplet atau udara. dr Dewi juga mengimbau masyarakat untuk sementara waktu tidak berada di area ke rumah sakit jika di luar jam besuk.

“Apalagi anak-anak dan orang tua karena sangat berisiko tertular penyakit Wuhan Pneumonia,” pungkasnya. (AF)*

banner 300x250

Related posts