Inspiratif! 7 Selebritas Ini Bangun Sekolah untuk Anak Tidak Mampu

  • Whatsapp

TRIASnews — 7 selebritas ini memiliki jiwa sosial tinggi. Untuk membantu sesama, terutama anak-anak dari keluarga tidak mampu, mereka mendirikan sekolah murah dan gratis. Mereka adalah Zaskia Adya Mecca, Yuni Sara, Cinta Laura, WALI Band, Ruben Onsu, Erix Soekamti, dan Alena Wu.

Dunia selebriti identik dengan dunia gemerlap dan penuh gaya hidup hura-hura. Namun bukan berarti kehidupan para selebriti tanah air hanya dipenuhi dengan kemewahan dan berfoya-foya.

Read More

Kesuksesan sebagai seorang figur publik, para selebritas ini tak lantas melupakan perannya sebagai makhluk sosial, yang peduli dan empati dengan nasib orang lain yang kurang beruntung dalam hidupnya.

Banyak juga yang membelanjakan kekayaannya untuk kegiatan sosial, membantu masyarakat dari strata berekonomi rendah. Ada juga selebritas yang mewujudkan jiwa sosialnya dan kemudian berkecimpung di dunia pendidikan. Tak sekadar aktif membantu, mereka juga bahkan mendirikan sekolah.

Mereka rela menyisihkan sebagian uangnya demi membangun sekolah untuk anak-anak tak mampu. Sekolah yang mereka dirikan dengan biaya yang relatif besar itu pun memungut biaya sangat murah. Beberapa dari mereka bahkan tak mematok biaya sama sekali alias gratis.

Kepedulian mereka terhadap dunia pendidikan mendorong para seleb ini untuk mendirikan sekolah murah atau gratis. Tujuannya tentu saja agar anak-anak yang memiliki keterbatasan ekonomi bisa tetap mengenyam pendidikan.

Aksi para seleb yang mendirikan sekolah murah atau gratis ini pun menuai banyak pujian dari publik. Siapa saja mereka? Dirangkum dari pelbagai  sumber, berikut 7 selebritas yang mendirikan sekolah murah.

1. Zaskia Adya Mecca  

Zaskia Adya Mecca memiliki sebuah keinginan untuk membangun sebuah pesantren. Pesantren tersebut nantinya dipergunakan untuk anak-anak belajar mengaji setiap sore. Namun Zaskia sendiri ternyata telah memiliki sekolah bernama Taman Pendidikan Alquran Online selama kurang lebih satu tahun.

Zaski Adya Mecca (Instagram @zaskiadyamecca)

Program online ini pun telah memiliki 60 pengajar yang datang ke rumah-rumah muridnya untuk mengajari mengaji. Sampai kini isteri dari sutradara ternama Hanung Bramantio ini pun telah memiliki lebih dari 100 murid. Ia pun juga berencana untuk membuka kantor untuk sekolahnya tersebut.

2. Yuni Shara  

Salah satu artis senior Yuni Shara ternyata memiliki kepedulian terhadap pendidikan. Sejak 7 tahun silam, kakak kandung Krisdayanti ini mendirikan sekolah murah yang diperuntukkan bagi anak-anak yang tidak mampu. Ia membangun playgroup, PAUD, TK dan penitipan anak di kota kelahirannya, Batu, Malang, Jawa Timur.

Yuni Shara (Instagram @cahayapermataabadi)

Sampai saat ini, sekolah yang ia dirikan itu memiliki 100 lebih anak murid. Uniknya, sekolah ini tidak memungut biaya yang mahal. SPP-nya pun hanya sebesar Rp 3.500. Bahkan SPP tersebut dapat dibayar dengan sayuran dan buah-buahan.

Meskipun terbilang murah, namun tenaga pengajar di sekolah milik Yuni Shara merupakan sarjana PAUD.

3. Cinta Laura  

Dikenal sebagai selebriti multitalenta, sosok selebriti muda tanah air yang mempunyai bahasa ikonik ini ternyata memiliki jiwa sosial tinggi. Ia sangat peduli dengan dunia pendidikan Indonesia.

Menggunakan yayasan keluarga bernama Sukaseno Peduli, Cinta Laura membangun sekolah gratis bernama Sukaseno di tempat terpencil di kawasan Bogor, Jawa Barat.

Cinta Laura (Instagram @claurakiehl)

Sekolah itu memiliki sekitar 4.000 murid yang umumnya berasal dari keluarga tak mampu. Selain itu, ia pun sejak umur 9 tahun telah aktif dalam mengajar bahasa Inggris di sekolah tersebut. Namun kini dengan kesibukannya dalam bekerja, ia pun kini menjadi donaturnya.

4. Wali Band  

Sebagai grup band yang terbilang sukses di tanah air, Band Wali ternyata tak lupa untuk berbagai ke sesama. Band Wali memiliki kepedulian tinggi terhadap dunia pendidikan.

Lewat program ‘Wali Care’ yang didirikan sejak 2013, Band Wali juga mendirikan sekolah gratis bernama Salami School untuk anak-anak kurang mampu. Kegiatan belajar mengajar ini pun diadakan dua kali dalam seminggu.

Wali Band

Tak berhenti di situ. Band Wali juga memiliki program pengobatan gratis, dengan memakai gedung sekolah sebagai lokasi pemberian pengobatan gratis kepada masyarakat.  

5. Erix Soekamti  

Pentolan band Endank Soekamti, Erix mendirikan sekolah bernama DOES University pada tahun 2015. Sekolah yang gratis dan fokus terhadap tiga bidang yang memang cukup laku dalam dunia kerja. Yaitu animator, compositor dan 3D Modeller.

DOES University ini ialah sekolah bakat dengan sistem karantina selama enam bulan. Kurikulumnya pun hanya mengajarkan materi yang disukai muridnya.

Erix Soekamti

Namun meski memiliki fokus pendidikan, sekolah ini pun tidak seperti sekolah formal lainnya. Namun meski tidak formal sekolah ini tetap serius dalam membina muridnya.

Di sekolah gratis ini, Erix menyediakan guru-guru yang berkompeten dan sudah berpengalaman di bidangnya. Targetnya dalam setahun ini Does University bisa mencetak 100 animator profesional.

6. Ruben Onsu  

Di momen ulang tahun pernikahan ke-6 tahun pada Selasa (22 Oktober 2019), Ruben Onsu memberikan hadiah kepada sang isteri Sarwendah berupa sekolah bernama Sekolah Bunda Sarwendah.

Bukan sekolah formal, sekolah yang didirikan Ruben merupakan tempat belajar informal yang ditujukan kepada anak-anak tidak mampu yang ingin belajar baca tulis.

Ruben Onsu & Sarwenda (Instagram@ruben_onsu)

Ruben Onsu mendirikan sebuah sekolah yang ia persembahkan untuk anak-anak yang tidak bisa membaca dan menulis. Lokasi sekolah tersebut berada di desa Cicareuh, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

7. Alena Wu  

Memiliki nama lengkap Caroline Gunawan, penyanyi yang biasa disapa Alena Wu ternyata aktif dalam dunia pendidikan untuk anak-anak kurang mampu. Melalui Alena Free Foundation ia memiliki program sekolah gratis untuk anak-anak kurang mampu.

Alena Wu

Namun mengutip dari brilio, ia sempat mendapat teror dan ancaman sejak lembaganya berdiri 2009 lalu. Kini sekolah memang masih berjalan dan kemudia berubah nama menjadi Alena Sahabat Anak. Pada setiap satu kali pertemuan, jumlah murid yang datang untuk belajar bisa mencapai 100 orang. (AF)*

banner 300x250

Related posts