Didampingi Kejaksaan, AP I Bekerja Nyaman

  • Whatsapp
Ir. Lukman F. Laisa, Direktur Teknik PT. Angkasa Pura I bersama Menteri PUPRRI, DR. Ir. Basuki Hadimuljono, M.Sc

Triasnews – Manajemen PT. Angkasa Pura (AP) I mengungkapkan, pihaknya mendapatkan manfaat yang luar biasa dari keberadaan TP4 (Tim Pengaman dan Pengawal Pembangunan) Kejaksaan RI, yang bertugas memberikan pendampingan kepada jajaran AP I dalam melaksanakan pekerjaan-pekerjaan penugasan pemerintah mengembangkan dan membangun  bandar-bandar udara (Bandara) di Indonesia.

Hal itu dikemukakan Ir. Lukman F. Laisa, Direktur Teknik PT. Angkasa Pura I, kepada triasnews, saat dimintai tanggapan seputar manfaat program TP4/TP4D Kejaksaan RI.

Read More

Ir. Lukman F. Laisa, Direktur Teknik PT. Angkasa Pura I bersama Gubenur DIY, Sri Sultan HB X

Lukman kemudian membeberkan beberapa manfaat yang diperoleh AP I dari pendampingan hukum oleh TP4 Kejaksaan RI.

“TP4 Kejaksaan RI membantu kami dalam menyelesaian misalnya, perbedaan tafsir kontrak, sehingga tidak ada kegamangan kami dalam memutuskan setiap persoalan proyek,” ujar Lukman F. Laisa.

Dengan adanya pendampingan dari TP4, lanjut Lukman, pelaksanaan proyek yang dikerjakan AP I menjadi transparan, akuntabel, dan sesuai dengan prinsip tata kelola yang baik dan benar (good governance).

“Dari mulai tahap perencanaan, pelaksanaan pekerjaan oleh kontraktor, hingga pengawasan terhadap pekerjaan, TP4 memberikan pengawalan dan pengamanan agar tidak terjadi tindakan yg tidak sesuai dengan kaidah dan aturan hukum yang belaku. Sebab, di dalam tim TP4 itu sangat lengkap ada unsur intelijen, pidana khusus (pidsus), dan unsur perdata tata usaha negara (datum) yang saling melengkapi, sehingga kalau ada yg berbuat tidak patut bisa diperiksa oleh intel ataupun pidsus,” terang Lukman.

Tak hanya itu. Lukman menambahkan, TP4 juga mampu meminimalisir adanya gangguan dari ekternal yakni pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab, yang terkait dengan upaya-upaya pelanggaran hukum dan akan menganggu kelancaran untuk kepentingan di luar kegiatan proyek pembangunan yang tengah dikerjakan oleh AP I.

“Jadi secara umum, kami sangat mengapresiasi dan merasakan manfaat kehadiran TP4 Kejaksaan RI, karena peran TP4 membantu kami di permasalahan aspek legalnya, permasalahan dengan pihak eksternalnya, permasalahan regulasinya, dan yang ak kalah pentingnya adalah spirit kuat melekat pada TP4 yakni pencegahan (preventif) kerugian keuangan negara,” tandas Lukman. (AF)*

banner 300x250

Related posts