Demi Kepastian Hukum Investor, Kejaksaan Bentuk Satgas Pengamanan Investasi

  • Whatsapp
Jaksa Agung ST Burhanuddin bersama jajaran petinggi Kejagung

TRIASNews –  Institusi Kejaksaan RI dituntut kontribusinya dalam mendorong terciptanya iklim investasi yang sejuk dan ramah sehingga para investor mau berinvestasinya di seluruh daerah di Indonesia. Kepastian hukum dan penegakan hukum yang profesional menjadi perhatian utama Kejaksaan RI guna memberikan iklim investasi yang kondusif di Indonesia.

Menurut Jaksa Agung RI, ST Burhanuddin, ituasi penegakan hukum sangat berpengaruh terhadap kemudahan investasi di Indonesia. Selain itu, kunci dari investasi adalah kepastian hukum. Ketika kepastian hukum masih belum terjamin di suatu daerah, maka para investor tak akan tertarik menanamkan investasinya.

Read More

Bertolak dari pemahaman itu, Kejaksaan RI telah membentuk Satuan Tugas (Satgas) Pengamanan Investasi

“Sebagai penegak hukum, turut menciptakan kondisi yang mendukung dan mengamankan pelaksanaan pembangunan untuk mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur berdasarkan pancasila. Dari situlah kami ikut dalam rangka mendorong investasi masuk ke Indonesia,” kata Jaksa Agung, belum lama ini.

Burhanuddin menerangkan, penegakan hukum yang akan dilakukan Satgas Pengamanan Investasi bakal melibatkan kerja sama dengan Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM).

Secara spesifik, Jaksa Agung menegaskan tekad institusi yang ia pimpin untuk memberantas pungutan liar (pungli) dalam perizinan investasi. Sebab, tindakan pungli hanya akan menghambat investasi di Indonesia.

“Intinya bentuk kerja sama dengan BKPM adalah pengamanan pembangunan strategis di bidang kebijakan investasi dan penanaman modal. Lalu memberikan bantuan dan pertimbangan hukum dan tindakan hukum lainnya di bidang perdata dan tata usaha negara,” tandas Jaksa Agung. (AF)*

banner 300x250

Related posts