Demi Bisa Bersekolah, Tubuh Mereka Dibungkus Kantung Plastik

  • Whatsapp
Saat anak-anak diseberangkan melewati arus deras sungai dengan tubuh dibungkus kantung plastik

Triasnews – Sempat viral di beberapa platform media sosial (medsos), potret perjuangan anak-anak siswa sekolah dasar di Desa Sam Lam, Provinsi Dien Bien, dekat kota Hanoi di Vietnam Utara. 

Pada musim kemarau, mereka berangkat ke sekolah dengan menggunakan jembatan bambu yang melintasi Sungai Nam Po. Namun, di musim hujan, dipastikan jembatan bambu yang biasa mereka lewati hancur dan hanyut dihantam banjir bandang. 

Read More

Agar anak-anak mereka bisa tetap bersekolah setiap hari, satu-satunya solusi yang ditempuh para orangtua di desa itu adalah dengan menyeberangkan mereka melalui arus sungai yang deras itu.

Bagaimana caranya? Anak-anak harus diseberangkan melewati Sungai Nam Po yang berarus sangat deras agar bisa bersekolah dengan seragam yang tetap kering. Tapi sebelumnya seluruh tubuh berikut pakaian seragam sekolah, peralatan sekolah, dan sepatu si anak mesti dimasukkan ke dalam kantung plastik besar.

Setelah si anak terbungkus erat dalam plastik besar, sang ayah kemudian berenang berjibaku melawan arus deras sungai sepanjang 20 meter sembari menarik plastik berisi sang anak sampai ke seberang.

Tak semua anak diseberangkan oleh ayahnya. Ada juga yang diseberangkan oleh orang-orang yang memang menjajakan jasa penyeberangan dengan bayaran tertentu.

Saat pulang sekolah pun, anak-anak ini akan menjalani prosesi yang sama. (AF)*

banner 300x250

Related posts