Arsip Keluarga Anda Rusak Akibat Banjir? ANRI Siap Perbaiki secara Gratis

  • Whatsapp
ANRI Peduli Bencana

Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) menerima layanan perbaikan arsip keluarga, seperti ijazah, akte kelahiran, kartu keluarga, akte perkawinan, KTP, sertifikat tanah, dan lain-lain.

TRIASNews –  Akibat curah hujan yang tinggi sejak Selasa (31 Desember 2019) sore hingga Rabu (1 Januari 2020) pagi, sejumlah daerah di wilayah Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang) terendam banjir. Salah satu dampak yang mungkin timbul adalah rusaknya sejumlah arsip keluarga (seperti: ijazah, akte kelahiran, kartu keluarga, akte perkawinan, KTP, sertifikat tanah, dan lain-lain) terkena air.

Ada kabar bagus bagi masyarakat terdampak bencana banjir yang arsip keluarganya rusak. Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) menerima layanan perbaikan arsip keluarga. ANRI punya program jasa yang disebut Layanan Restorasi Arsip Keluarga (Laraska).

Read More

ANRI membuka Posko Layanan Restorasi Arsip Keluarga secara gratis di Gedung ANRI, Jl. Ampera Raya No. 7, Cilandak, Jakarta Selatan mulai 2 Januari 2020, pukul 07.30-15.30 WIB.

“Bagi masyarakat yang memiliki arsip keluarga yang terdampak bencana banjir dapat segera untuk mendatangi posko tersebut,” demikian pernyataan ANRI yang dikutip dari laman resminya, Kamis (2 Januari 2020).

Syarat restorasi arsip di ANRI

Untuk memperoleh layanan tersebut, syaratnya arsip keluarga yang dibawa harus arsip asli, tidak dalam bentuk foto copy. Arsip juga harus dibawa langsung oleh pemiliknya ke kantor ANRI.

Layanan Restorasi Arsip Keluarga (Laraska) ini diinisiasi ANRI pada 2004 pascabencana Tsunami menghantam Aceh dan Nias di tahun itu. Melalui program tersebut, ANRI mempreservasi dan meningkatkan aksesibilitas arsip statis yang bernilai guna tinggi, salah satunya adalah arsip yang rusak akibat terjadi nya bencana.

Dikutip dari laman ANRI, proses restorasi tersebut dilakukan dengan menggunakan teknologi Vacum Freeze Dry Chamber yang merupakan bantuan dari Jepang.

Untuk informasi lebih lanjut tentang layanan perawatan arsip pascabencana juga dapat menghubungi nomor telepon (021) 7805851 ext. 406. (AF)*

banner 300x250

Related posts