AP I Gerak Cepat Atasi Terlepasnya Plafon Terminal Keberangkatan Bandara Syamsudin Noor

  • Whatsapp
Plafon Terminal Kedatangan bandara Syamsudin Noor sudah diperbaiki AP I

TRIASNews – Akibat curah hujan sangat deras disertai angin kencang, yang menerpa bangunan terminal Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin, sebagian plafon berukuran 3×5 meter di ujung Terminal Keberangkatan bandara tersebut terlepas, pada Minggu (29 Desember 2019) dinihari sekitar pukul 04.00 WITA.

Namun, manajemen AP I selaku pengelola Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin langsung tanggap dan bekerja gerak cepat. Plafon yang terlepas itu langsung diperbaiki. Sehingga, peristiwa itu tidak mempengaruhi operasional dan pelayanan Bandara.

Read More

Plafon Terminal Kedatangan Bandara Syamsudin Noor sudah diperbaiki AP I

AP I meresponnya dengan langsung memperbaiki bagian plafon yang rusak. Dan, pada Minggu (29 Desember 2019) malam pukul 24.00 WITA, pekerjaan tersebut telah berhasil diselesaikan.

“Kami langsung melakukan perbaikan pada bagian plafon yang rusak imbas angin kencang yang menerpa area terminal. Pekerjaan perbaikan dilakukan oleh kontraktor pembangunan terminal mengingat terminal baru ini masih dalam masa pemeliharaan,” ungkap Vice President Corporate Secretary PT Angkasa Pura I (Persero), Handy Heryudhitiawan kepada awak media, Senin (30 Desember 2019).

VP Corporate Secretary PT Angkasa Pura I (Persero), Handy Heryudhitiawan

Handy menengaskan juga kejadian tersebut sama sekali tidak berdampak terhadap operasional dan pelayanan Bandara.

Angkasa Pura I berkomitmen, lanjut Handy, kejadian tersebut tidak akan terulang lagi di masa yang akan datang dengan senantiasa berupaya mengikuti prosedur perawatan dan pemeliharaan fasilitas layanan Bandara sesuai dengan prinsip K3 (keamanan dan keselamatan kerja) yang telah dicanangkan pada seluruh bandara yang dikelola oleh Angkasa Pura I. 

Peristiwa jatuhnya plafon berukuran 3×5 meter tersebut disebabkan tinggi dan derasnya curah hujan sejak dini hari yang disertai angin kencang.

Dijelaskannya, debit air yang besar tidak terdistribusi dengan baik sehingga dak beton penuh dan turun ke plafon. Ternyata setelah dilakukan pengecekan, terjadi sumbatan pada saluran pembuangan oleh pekerjaan yang belum sepenuhnya dibersihkan. Hal inilah yang menyebabkan melimpah dan jatuh pada area plafon terminal. Setelah dilakukan pembersihan sisa semen dan kotoran, air bisa mengalir dengan baik.

“Perbaikan  tersebut telah berhasil diselesaikan Minggu malam ini pada pukul 24.00 WITA,” ujar Handy.

Sebagai corrective action untuk memastikan kejadian serupa tidak terulang lahi, kata Handy, kontraktor menambahkan perkuatan pada penahan pipa talang dan rangka plafon.

PT PP dan Wika Gedung sebagai kontraktor Proyek Pembangunan Terminal Baru Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin telah melakulan pemeriksaan ulang pipa down spot di posisi gatter dan dak beton selasar.

“Kami juga menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan pengguna jasa akibat kejadian ini dan berupaya memastikan bahwa ke depan kejadian serupa tidak terulang kembali,” tutur Handy. (ETD/AF)*

PT ANGKASA PURA I (PERSERO)

Gedung PT. Angkasa Pura I (Persero)

PT Angkasa Pura I (Persero) (AP I) merupakan salah satu BUMN pengelola bandara di Indonesia. Angkasa Pura I mengelola 15 bandara, yaitu Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali, Bandara Juanda Surabaya, Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan, Bandara Frans Kaisiepo Biak, Bandara Sam Ratulangi Manado, Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin, Bandara Ahmad Yani Semarang, Bandara Adisutjipto Yogyakarta, Bandara Internasional Yogyakarta di Kulon Progo, Bandara Adi Soemarmo Surakarta, Bandara Internasional Lombok Praya, Bandara Pattimura Ambon, Bandara El Tari Kupang, dan Bandara Sentani Jayapura.

Angkasa Pura I juga mempunyai 5 anak perusahaan, yaitu PT Angkasa Pura Logistik, PT Angkasa Pura Properti, PT Angkasa Pura Suport, PT Angkasa Pura Hotel, dan PT Angkasa Pura Retail.

Informasi tentang Angkasa Pura I dapat dilihat di www.ap1.co.id.

Facebook     : www.facebook.com/angkasapura.airports
Twitter         : @AP_airports
YouTube        : www.youtube.com/angkasapuraairports
Instagram    : @ap_airports
Call Center     : 172

banner 300x250

Related posts