Anies Baswedan Terpilih Jadi Ketua Umum APPSI 2019-2023

  • Whatsapp
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, terpilih Ketua Umum APPSI 2019-2023

Triasnews — Gubernur DKI Jakarta, Dr. Anies Baswedan, terpilih sebagai Ketua Umum Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) 2019-2023, dalam Musyawarah Nasional (Munas) APPSI yang berlangsung di Hotel Borobudur, Jakarta, Selasa (26 November 2019) .

Melalui pemilihan secara tertutup, Anies Baswedan mengungguli dua calon ketua umum lainnya yaitu Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor.

Read More

“Teman-teman di APPSI para gubernur mempercayakan saya untuk menjadi Ketua APPSI 2019-2023,” ungkap Anies kepada awak media seusai proses pemilihan dilaksanakan.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) pada Kabinet Kerja Joko Widodo itu mengatakan, tugas pertama yang akan dilakukan selaku ketua umum yakni membentuk tim formatur yang akan menyusun kepengurusan APPSI 2019-2023.

“Formatur ini kemudian nanti akan menyusun kepengurusan. Nanti kepengurusan akan dikukuhkan oleh Bapak Presiden,” papar dia.

Anies menyebut salah satu program prioritas yang diusulkan oleh sejumlah gubernur, yaitu pembangunan di daerah bagian Indonesia Timur, yang merupakan kawasan kepulauan dan berpenduduk sedikit dan kecepatan pembangunannya relatif rendah.

Anies terpilih usai dua kali pemungutan suara yang dilakukan 23 dari 34 daerah. Sementara 11 daerah lainnya tak dihitung lantaran tak diwakilkan oleh gubernur. Sebab, dalam pemilihan Munas APPSI, yang boleh memilih hanya gubernur atau wakil gubernur.

“Jadi sebetulnya yang putaran pertama bukan putaran pertama, itu penjaringan nama. Penjaringan nama, kemudian dari situ (Ketua) dipilih (lewat voting),” tutur mantan Rektor Universitas Paramadina Jakarta itu. (AF)*

banner 300x250

Related posts