11 Orang Bertarung di KLB PSSI Rebut Kursi Panas Ketum PSSI 2019-2023

  • Whatsapp

Dalam  ajang Kongres Luar Biasa (KLB) Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) yang bakal digelar Sabtu (2/11/2019) besok, 11 orang bertarung memperebutkan kursi tertinggi induk organisasi sepakbola  tanah air itu.

Read More

Kesebelas calon ketua umum PSSI tersebut adalah Afen Hinelo, Bernhard Limbong, Benny Erwin, Fary Djemi Francis, La Nyalla Mattalitti, Rahim Soekasah, Mochamad Iriawan, Vijaya Fitriyasa, Arif Putra Wicaksono, Yesayas Oktavianus, dan Sarman El Hakim.

Profil Singkat 11 Calon Ketua Umum PSSI 2019-2023

1. Yesayas Oktavianus

Yesayas awalnya gagal dalam pencalonan calon ketua umum PSSI kali ini. Akan tetapi, Komite Banding Pemilihan (KBP) meloloskan mantan wartawan olahraga nasional di salah satu media cetak ternama tersebut. Ketika aktif sebagai wartawan, sejumlah event besar dunia seperti Piala Eropa, Piala Dunia, Olimpiade, Asian Games dan SEA Games pernah diliputnya.

2. Benny Erwin

Benny pernah maju sebagai anggota Exco PSSI pada 2015. Sayangnya, saat itu ia kalah saing dengan Gusti Randa. Benny bukanlah orang baru di persepakbolaan nasional. Ia sempat menjadi Direktur Utama PT Persija, perusahaan yang membawahi Persija Jakarta pada 2011.

3. Sarman El Hakim

ni bukanlah yang pertama Sarman mencalonkan sebagai calon ketua umum PSSI. Tercatat, ia pernah maju sebagai calon ketua umum PSSI periode 2011-2015 dan 2016-2020. Hanya saja, ia selalu mundur atau kalah dalam persaingan. Ketua Umum Masyarakat Sepakbola Indonesia (MSBI) itu bisa dibilang sosok yang kontroversial. Ia sempat mengklaim Indonesia siap menjadi tuan rumah Piala Dunia 2022 menggantikan Qatar.

4. Afen Hinelo

Afen pernah maju sebagai calon anggota Exco pada KLB 2011-2015. Hanya saja, saat itu ia kalah dalam pencalonan tersebut. Ia sendiri pernah menjabat sebagai asisten manajer Persigo Gorontalo sehingga lolos verifikasi sebagai calon ketum umum PSSI periode mendatang.

5. Arif Putra Wicaksono

Sama seperti Yesayas, Arif sempat gagal dalam pencalonan awal. Namun, KBP meloloskan CEO Nine Sport tersebut. Jika terpilih sebagai ketua umum PSSI, beberapa program yang siap dijalankan Arif adalah masalah club licensing, Video Assistant Refeere (VAR) dan fans manajemen.

6. Bernhard Limbong

Bernard Limbong bukanlah orang baru di tubuh PSSI. Di era kepemimpinan Djohar Arifin, purnawirawan TNI berpangkat Brigadir Jenderal tersebut sempat menjadi Ketua Komisi Disiplin (Komdis) PSSI dan penanggung jawab Tim Nasional (Timnas) Indonesia. Selanjutnya pada KLB 2016, ia juga maju sebagai ketua umum, namun kalah saing dari Edy Rahmayadi.

7. Vijaya Fitriyasa

Vijaya saat ini telah memiliki 70 persen saham dari klub Liga 2 2019, Persis Solo. Sebelumnya, Vijaya juga memiliki Jakarta United Football Club yang terdaftar sebagai salah satu anggota Asosiasi Provinsi DKI Jakarta. Setelah menguasai saham mayoritas Persis pada September 2019, Vijaya secara percaya diri memberanikan maju sebagai calon ketua umum PSSI.

Vijaya yang merupakan pengusaha minyak dan gas optimistis dapat memajukan sepakbola Tanah Air. Berbagai program pun sudah disiapkan pria berkacamata tersebut. Bahkan, Vijaya siap memerangi pengaturan skor yang sempat marak di persepakbolaan Tanah Air.

8. Mochamad Iriawan

Komjen Pol Mochamad Iriawan mengaku sudah mendapat dukungan dari 50 voters dalam KLB nanti. Jika hal itu terjadi, Iwan Bule –sapaan akrab Iriawan– akan terpilih sebagai ketua umum. Sebab, pada KLB yang berlangsung pada 2016, saat itu hanya 86 voters yang terdaftar.

Jika terpilih sebagai ketua umum, Iwan bertekad memperbaiki sistem pembinaan sepakbola usia muda Indonesia. Ia pun bertekad meloloskan Indonesia ke Piala Dunia 2026 yang digelar di Amerika Serikat, Kanada dan Meksiko.

9. Fary Djemi Francis

Fary bukanlah orang baru di kepengurusan PSSI. Sebelumnya, politisi partai Gerindra itu menjabat sebagai Ketua Departemen Sport Intelligent PSSI periode 2016-2019. Mantan anggota DPR RI periode 2014-2019 itu dikenal sebagai penggerak sepakbola Tanah Air di perbatasan.

10. Rahim Soekasah

Rahim Soekasah bukanlah orang baru di belantika persepakbolaan nasional. Salah satu petinggi klub Brisbane Roar yang berkiprah di Liga Australia itu pernah tercatat sebagai manajer Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-23 pada 2006.

Selain itu pada 2009, Rahim juga sempat menjabat sebagai ketua Badan Tim Nasional (BTN) yang bertugas mengurusi pemanggilan pemain ke tim nasional. Rahim sendiri maju sebagai calon ketua umum PSSI setelah prihatin melihat prestasi sepakbola Tanah Air yang tak kunjung membaik.

11. La Nyalla Mattalitti

La Nyalla bukanlah orang baru di tubuh PSSI. Pria yang kini menjabat sebagai ketua Dewan Perwakikan Daerah (DPD) RI itu sempat berstatus sebagai wakil ketua umum PSSI pada 2013-2015. Kemudian pada 17 April 2015 hingga 10 November 2016, La Nyalla berstatus sebagai ketua umum PSSI.

banner 300x250

Related posts